smkn1sabangSekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Sabang merupakan salah satu lembaga pendidikan yang ada di Kota Sabang. Sekolah ini berdiri Tahun 1998 tepatnya tanggal 23 April 1998 yang diresmikan oleh Drs. Malik Raden, MM yang saat itu Kakanwil Dinas pendidikan Kota Banda Aceh. SMK Negeri 1 Sabang berada  di  lokasi  strategis  yaitu  di  daerah  perbatasan  dengan  Samudera Hindia  serta  Pulau  Nikobar  di  Andaman yaitu sebuah kepulauan yang berada di bawah bendera Negara India sekaligus merupakan sebuah Pelabuhan dan Kawasan Bebas Sabang. Saat ini sekolah makin berkembang baik dalam peningkatan jumlah siswa pertahun maupun prestasi akademik dan non akademik yang diperoleh untuk tingkat Daerah maupun Nasional.

Hasil  penilaian  Akreditasi  sekolah  dari  Badan Akreditasi Sekolah (BAS) Provinsi  NAD pada Tahun  2002,  SMK Negeri 1 Sabang memperoleh  Akreditasi  B. Pada saat pertama diresmikan bidang keahlian di SMK Negeri 1 Sabang adalah Bisnis Manajemen dengan program keahlian yang dimiliki adalah Akuntansi, Sekretaris dan Penjualan. Saat ini SMK Negeri 1 Sabang telah memiliki 6 Kompetensi Keahlian yaitu : Akuntansi, Administrasi Perkantoran, Akomodasi Perhotelan, Nautika Kapal Niaga, Multimedia dan Ototronik.

Sepanjang keberadaannya Sekolah ini telah dipimpin oleh 3 orang Kepala Sekolah yang difinitif yaitu :

  1. Mursahid, M.Sc tahun 1998 – 2005
  2. Jafar tahun 2005 – 2010
  3. Fakhri Kamal tahun 2010 – Sekarang

SMK Negeri 1 Sabang saat ini telah memiliki sarana dan prasarana sekolah khususnya fasilitas praktek seperti laboratorium dan hotel, di sekolah ini setiap jurusannya telah memiliki beberapa laboratorium sendiri untuk melakukan praktek-praktek pada mata diklat produktif, adaptif dan normatif. Untuk praktek kerja industri SMK Negeri 1 Sabang telah bekerjasama dengan dunia usaha dan industri yang kompeten dengan melakukan MOU atau akad kerjasama yang saling menguntungkan antara sekolah dengan DU/DI baik yang ada di Kota Sabang maupun Kota Banda Aceh.