ESEMKASBGNEWS, Sabang – Hari ini merupakan hari pertama diselenggarakannya Uji Kompetensi Keahlian (UKK) di SMKN 1 Sabang. Namun pada tahun ini ada perbedaan pelaksanaan UKK. Selain masalah waktu yang berbeda, selain praktik juga ada ujian teori.

Pada tahun sebelumnya hanya ada ujian praktik tetapi mulai tahun ini ada ujian teori dulu baru praktik. Tujuannya, peserta didik yang lulus nantinya adalah mereka yang telah menguasai teori dan praktiknya, sehingga peserta didik benar-benar mendapatkan hasil yang kompeten.

Jadwal penyelenggaraan UKK dimulai antara 1 April 2019 sampai 3 Mei 2019 bagi seluruh SMK di Indonesia dan jadwal tersebut akan berbeda-beda pada setiap SMK.
Hal ini mengacu pada pedoman penyelenggaraan UKK tahun pelajaran 2018/2019 dari Direktorat Pembinaan SMK.

UKK adalah salah satu rangkaian kegiatan ujian yang harus diikuti siswa kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Hal ini merupakan salah satu syarat mencapai kelulusan pada kompetensi keahlian masing-masing. Selain itu, Uji Kompetensi Keahlian ini merupakan keunikan tersendiri bagi peserta didik yang menggali ilmunya di SMK. Karena UKK merupakan kombinasi dari Ilmu Pengetahuan (Knowledge), Sikap ( Attitude) dan Kemampuan ( Skill ).

 

Agenda tahunan inipun berlangsung selama 2 hari, dimulai dari tanggal 1 s/d 2 April 2019 dan diikuti sebanyak 65 peserta didik dari 4 Kompetensi keahlian diantara lain : Akuntansi & Keuangan Lembaga, Otomatisasi & Tata Kelola Perkantoran, Multimedia serta Teknik Kendaraan Ringan Otomotif dengan melibatkan 4 Praktisi dari DU/DI sebagai External Asesor & 4 Akademisi ( Guru Produktif ) SMKN 1 Sabang.

Adapun harapan dari kegiatan ini adalah peserta didik akan lebih siap dalam mendukung program pemerintah dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0, selain itu juga peserta didik mampu untuk menjadi seorang young entrepreneur di bidang keahliannya masing-masing kelak. #SMKBISA #SMKHEBAT.. (ID-red).