Pendidikan  merupakan cara untuk mencerdaskan kehidupan  bangsa, sehingga bangsa menjadi lebih maju dan disegani oleh negara-negara lain di tingkat internasional.Sekolah merupakan jawaban dan sebagai sarana serta wadah bagi semua unsur pendidikan untuk menyelenggarakan pendidikan tersebut. Namun selalu ada hambatan dan rintangan untuk mewujudkan hal tersebut, kendala yang dimaksudkan salah satunya adalah tingkat kemiskinan yang masih tinggi sehingga menyebabkan banyak siswa yang seharusnya masih berada pada usia sekolah menjadi putus sekolah. Biaya yang mahal bagi siswa yang akan melanjutkan ke jenjang berikutnya khususnya perguruan tinggi menyebabkan sedikit sekali remaja yang bisa menikmati sekolah di perguruan tinggi.

Untuk mengatasi masalah tersebut, pemerintah Indonesia kini semakin menggalakkan dan meningkatkan peran SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) yang setara dengan SMA. Perbedaan SMK dengan SMA yang mencolok adalah di SMK selain diberi teori siswa akan diberi keahlian sesuai potensi yang dia miliki dan kompetensi keahlian yang dipilih, sedangkan di SMA siswa tidak akan mendapatkan hal yang demikian. Lulusan SMK menjadikan seorang siswa menjadi cerdas, siap kerja, dan kompetitif. Cerdas karena pendidikannya setara dengan SMA, siap kerja karena dibekali dengan lifeskill dan kesempatan magang di Dunia Usaha dan Industri (DU/DI), serta kompetitif karena dibekali dengan kemampuan untuk mampu bersaing. Inilah alasan mengapa alumnus SMK lebih dibutuhkan pada saat ini.

Untuk lebih jelasnya akan dijabarkan berikut ini :

Pengembangan Potensi Keahlian
Berbeda dengan SMA yang hanya mengajarkan teori, di SMK anda akan diajarkan banyak hal yang meliputi teori dan praktik sesuai jurusan yang diminati. Sebagai contoh jika anda mengambil jurusan Akuntansi maka potensi akan bakat tentang akuntan akan dikembangkan disana, selain dapat teori anda juga dapat pelajaran produktif inilah yang menjadi nilai plus bagi SMK.

Bisa melanjutkan ke perguruan tinggi
Jika anda melanjutkan ke SMA itu berarti anda berencana  untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu perguruan tinggi, namun jika anda mengambil SMK maka anda bisa langsung bekerja. Jika anda ingin melanjutkan setelah selesai SMK anda bisa melanjutkan, jadi anda bisa melanjutkan dan bisa bekerja sekaligus.

Menghasilkan lulusan dengan karakter baik
Siswa SMK berasal dari berbagai kalangan khususnya kalangan kurang mampu. Dengan melanjut ke jenjang SMK, siswa diberikan lifeskill sehingga siap kerja setelah lulus nantinya. Dengan demikian, jika hal itu terjadi, maka akan meningkatkan produktifitas dan mampu memperbaiki ekonomi keluarga. Hal itulah yang menjadikan lulusan SMK lebih cerdas dan memiliki karakter yang baik, terutama bagi keluarga.

Mudah Mendapatkan Pekerjaan

Jika misalnya anda sekolah di SMK jurusan Akuntansi dan kemudian melanjutkan ke perguruan tinggi dengan jurusan Akuntansi juga itu berarti anda sudah lebih paham tentang akuntansi dibanding teman-teman anda. Hal ini tentunya akan dilihat oleh perusahaan dan menjadikan pertimbangan tersendiri. Kemampuan ini juga yang bisa menjadi modal awal bagi lulusan SMK bila ingin menjadi seorang wirausaha.

 

Sumber : www.budhiwarman2.com